PEMODELAN GRAFIK
Secara harafiah jika
diartikan kata per kata desain permodelan grafik terdiri dari tiga, desain
berarti kerangka bentuk atau rancangan, kemudian pemodelan yang diambil dari
kata dasar model berarti pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dr sesuatu yg akan
dibuat atau dihasilkan dan dapat juga diartikan sebagai barang tiruan yg kecil
dng bentuk (rupa) persis spt yg ditiru, dan yang terakhir adalah grafik, dapat
diartikan sebagai lukisan pasang surut suatu keadaan dng garis atau gambar,
tetapi dalam hal ini grafik yang dimaksud adalah grafik komputer yakni bagian
dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gamabar
secara digital. Grafik komputer juga serinng dikenal dengan istilah visualisasi
data. . Sehingga dapat ditarik satu definisi bahwa desain pemodelan grafik
adalah desain pemodelan grafik adalah tata cara menbuat / merancang sebuah
gambar baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu garis dan garis
melengkung yang dibentuk sedemikian hingga sehingga menjadi sebuah objek atau grafik
yang bisa bergerak seperti keinginan kita menggunakan perangkat lunak komputer.
Jadi, dapat disimpulkan
bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan
suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan
seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang
biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris,
rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Desain pemodelan grafik
menggunakan bantuan perangkat lunak komputer. Pemodelan grafik yang kita kenal
adalah grafik computer 2D, 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pattern.
Desain
pemodelan grafik juga di aplikasikan pada berbagai bidang kehidupan seperti:
– Peta digital
– Peta digital
– Kesehatan
– Perancangan objek
– System multimedia
– Presentasi grafik
– Presentasi saintifik
– Pemrosesan citra, dan
– Simulasi.
Untuk mengaplikasikan pemodelan grafik
untuk keperluan di atas, maka membutuhkan bantuan sebuah perangkat lunak,
berikut ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe Indesign
- Coreldraw
- GIMP
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe image ready
- CorelDraw
- Adobe Page Maker
- Paint Tool SAI
Webdesign
- Adobe Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
- Adobe Photoshop
Audiovisual
- Adobe After Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video Studio
- Magic Movie Edit Pro
- Power Director
Rendering 3 Dimensi
- 3D StudioMax
- Maya
- AutoCad
- Google SketchUp
- Light Wave
- Blender
- Softimage
Desain
permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah
kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
- Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
- Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
- Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
0 comments:
Post a Comment