Monday, October 8, 2012

NEW MEDIA


NEW MEDIA
1.       Apa itu New Media?
Perkembangan teknologi dewasa ini sangat membuat banyak perubahan dalam semua aspek, baik ekonomi, teknologi, sikap maupun hal lain. New Media adalah salah satu perkembangan dari teknologi yang sedang pesat saat ini. Apa itu New Media? Dilihat dari suku katanya New Media memiliki dua suku kata yaitu kata “New” dan “Media”, dalam kamus bahasa Inggris kedua kata tersebut mempunyai masing-masing arti, “New” yang berarti baru sedangkan “Media” adalah istilah yang luas yang mencakup penggabungan dari media tradisional seperti film, gambar, musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan kekuatan interaktif dan komunikasi teknologi komputer, komputer konsumen diaktifkan perangkat dan yang paling penting Internet. media baru mengulurkan kemungkinan akses on-demand untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar isi media.
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan media user-generated lainnya.
2.       Pandangan New Media
Menurut saya pada saat ini pandangan terhadap New Media ada yang menimbulkan hal-hal positif namun tidak banyak juga dari penggunaan New Media menjadi sesuatu hal yang negatif yang dapat merusak kehidupan manusia. Namun berkembangnya New Media membuat banyak perubahan, kemudahan, dan kenyamanan bagi mereka yang menggunakannya.
3.       Manfaat New Media
Membicarakan tentang manfaat dari New Media, banyak sekali manfaat dari New Media diantaranya:
a.       Cepat mengakses informasi
b.      Mudah melakukan kegiatan Ekonomi yang bersifat Online
c.       Bersosialisasi dalam jejaring sosial
d.      Belajar online
e.      Mengunduh file yang sedang dibutuhkan, dan masih banyak hal lain yang bermanfaat dalam New Media saat ini.
4.       Komponen New Media
Saat ini komponen-komponen New Media sangat mudah sekali ditemuka dimana-mana seperti handphone, smartphone, komputer, dll.  Namun saat ini komponen New Media yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu smartphone, dengan smartphone kita dapat melakukan pencarian informasi, jejaring sosial dan lain sebagainnya.
5.       Aplikasi New Media
Aplikasi dari New Media sangat banyak sekali, dengan menggunakan New Media Kegiatan apapun yang bersifat maya, akan mudah sekali diakses seperti:
Facebook, Twitter, bahkan sekarang sudah bermunculan media iklan dengan menggunakan  berbagai sistem seperti AR dan VR.
Pada tulisan saya kali ini karena saya mendapatkan tugas softskill dari kampus dan yang dibahas tentang penggunaan AR dan VR.
Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu Augmented Reality. Augmented Reality di Definisikan Menurut Ronald T. Azuma (1997) augmented reality adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.

Tujuan augmented reality adalah untuk menambahkan informasi dan arti kepada sebuah objek atau ruang yang nyata. Tidak seperti virtual reality, augmented reality tidak membuat sebuah simulasi kenyataan (simulation of reality). Sebaliknya, dibutuhkan sebuat objek atau ruang yang nyata sebagai fondasi dan teknologi incorporate yang menambahkan data konteksual untuk memperdalam pemahaman seseorang terhadap suatu objek.
Contoh dalam penggunaan AR di Indonesia telah digunakan dalam surat kabar harian kompas, anda dapat melihat video dengan mengcopy atau mengklik link dibawah ini:

Sedangkan Virtual Reality adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Hal ini jelas terlihat perbedaannya dengan Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah. Dalam VR seseorang akan merasa berada dalam dunia semu dan membuat panca indra pengguna merasa terlibat dalam dunia tersebut sedangkan dalam AR, pengguna benar-benar berada di dunia nyata hanya saja ada sisipan (tambahan) benda virtual secara real time. jadi virtual reality itu sebaliknya dari augmented reality. yang di dasari oleh komputerisasi sebagai media utama virtual.
Contoh dalam penggunaan Virtual Reality anda dapat melihatnya dengan cara mengklik atau mengcopy link di bawah ini


youtube.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes